welcome to my blog

Friday, October 16, 2009

Waspada hujan lebat & petir

Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca buruk yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai hari ini hingga 19 Oktober mendatang. Cuaca buruk ini ditandai dengan hujan lebat disertai petir dan angin kencang.
Seperti yang dikutip dari laman BMKG, Jumat 16 Oktober 2009, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Sumatera bagian Utara dan Selatan, pesisir Barat Sumatera, pesisir Timur Sumatera bagian Tengah, Jawa bagian Barat dan Tengah.
Di Pulau Kalimantan dan Sulawesi, cuaca ini diperkirakan terjadi di Kalimantan bagian Barat dan Timur, Sulawesi bagian Utara, Barat dan Tengah
Sedangkan di Indonesia bagian Timur, hujan lebat ini akan melanda Maluku bagian Utara dan Papua bagian Barat.

Dalam lamannya, BMKG menjelaskan adanya aktifitas daerah tekanan rendah di sebelah Barat Sumatera, Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik sebelah Utara Papua yang mempengaruhi kondisi atmosfer di wilayah Indonesia terutama di wilayah Utara khatulistiwa bagian Barat, Tengah dan Timur.
Kondisi tersebut mendukung bagi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di Indonesia bagian Barat dan Utara serta disekitar ekuator.

No comments:

Post a Comment